SCRIP disini DISINI ADA IKLAN

Sunday, May 1, 2016

Tutorial Membangun Bisnis Untuk Pemula

Bisnis merupakan impian  banyak orang. Mengembangkan usaha sendiri dengan ide dan kreatifitas yang bisa kita tuangkan dalam menjalankan usaha kita adalah hal yang sangat menyenangkan.  Bagi pekerja kantoran, ide kreatifnya tidak selalu disambut baik oleh manajemen perusahaan, dengan pertimbangan kebijakan perusahaan dan sebagainya. Nah, buat kamu yang ingin menuangkan ide ide kreatif kamu, usaha mandiri menjadi pilihan yang sangat tepat. Lalu bagaimana cara memulai bisnis? Disini akan kita bahas tutorial / tahap tahap awal dalam memulai usaha.

Untuk memulai sebuah usaha , ada beberapa hal dan persiapan yang harus kita lakukan sebelum benar benar terjun ke dunia bisnis yang katanya banyak halangan dan rintangan yang menghadang. Oke, berikut adalah persiapan yang dilakukan untuk awal memulai usaha mandiri

1. Niat

Niat adalah salah satu hal yang paling utama dalam memulai sebuah usaha. Kesungguhan hati melakukan untuk memulai sebuah usaha. "Tekad bulat menghasilkan perbuatan yang nyata" . Dengan semangat yang kuat dan niat dalam hati serta diiringi dengan tekad yang kuat dalam menjalankan bisnis menjadikan sebuah awal yang sangat sangat baik untuk memulai usaha.

2. Tentukan ide usaha

Ide usaha yang dipilih harus sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat dan pastikan usaha tersebut adalah usaha yang kamu sukai. Banyak pengusaha yang sukses dalam menjalankan usaha yang sesuai dengan hobi mereka. Namun, harus diperhatikan juga faktor pemasaran dari bisnis tersebut. Karena tujuan utama bisnis adalah pemasaran yang tinggi, baik dalam bisa jasa atau pemasaran barang.

Ide usaha yang dipilih juga harus sesuai dengan kemampuan kita untuk menjalankannya dan tidak harus bisa melakukannya. Mungkin agak membingungkan, namun inilah yang harus diperhatikan. Berbagai macam ide usaha yang terlintas dalam pikiran kita, namun tidak semuanya sanggup untuk kita jalankan. Terlepas dari modal, ide bisnis juga harus dibarengi dengan kemampuan, kemampuan melakukan hal yang akan kita buat atau minimal bisa mengerti dan memimpin usaha yang kita jalankan.

3. Observasi pasar

Observasi pasar adalah hal yang wajib dilakukan sebelum memulai usaha. Pengamatan pasar tentang bisnis yang akan kita lakukan menjadi  bahan dasar pengambilan keputusan untuk menjalankan bisnis dan perkiraan tumbuhnya bisnis . Observasi pasar sangat berpengaruh pada ide bisnis yang akan dijalankan. Sebelum memulai bisnis, kita harus memprediksi pasar mana yang akan kita bidik, siapa sasaran yang akan kita bidik.

Sasaran yang dibidik yang erat kaitannya dengan ide bisnis yang akan dijalankan dan kemampuan berkembangnya bisnis tersebut.

4. Mulailah

Ide sehebat apapun dengan persiapan sematang apapun tidak akan berguna kalau kita takut untuk menjalankannya. Begitu juga dengan bisnis, sehebat apapun ide kita akan sia sia diatas kertas bila kita takut memulai bisnis. Mulailah menjalankan dengan semangat dan tekad sukses yang besar. Pastikan bisnis yang kita bangun akan bertumbuh besar dengan semangat yang kita miliki. Semakin cepat kita mulai bisnis, semakin cepat pula kita mendapatkan pasar yang cocok untuk bisnis yang kita jalankan.

5. Terus belajar

Ilmu bisnis dari seorang pemula kemungkinan belum cukup untuk membesarkan bisnis nya tersebut. Namun kita bisa terus belajar sambil menjalankan bisnis yang sedang kita kembangkan. Perkembangan teknologi juga menjadi penompang untuk pengembangan bisnis yang sedang dijalankan. Dengan berkembangnya ilmu, maka bisnis yang kita jalankan juga akan berkembang pesat.

6. Mempertahankan bisnis

Bisnis yang telah kita jalankan tidak selalu berkembang pesat pada awal awalnya. Dalam kondisi bisnis sedang berkembang, bertahan dan terus mengeluarkan ide kreatif yang kita miliki. Tanpa kita sadari, bertahan saat bisnis sedang anjlok menjadikan sebuah kekuatan mental untuk menjalankan bisnis. Bisnis tidak semudah yang kita bayangkan sebelumnya. Banyak rintangan dan halangan yang harus di hadapi oleh pelaku bisnis. Seorang pengusaha yang sukses kebanyakan memulai bisnisnya dengan bersusah payah dan selalu dapat bertahan dalam kondisi apapun.

7. Promosi

Promosi atau iklan menjadi hal yang sangat berpengaruh besar untuk membesarkan bisnis yang kita jalankan. Produk yang kita hasilkan tidak akan digunakan oleh konsumen jika konsumen tidak mengenal produk kita, begitu juga dengan toko atau jasa yang kita jual.

Promosi bertujuan melakukan pengenalan produk dan juga meningkatkan penjualan yang pada akhirnya akan membuat bisnis kita berkembang pesat. Promosi bisa dilakukan melalui berbagai macam cara sepeti media cetak, elektronik (radio dan televisi) bahkan dunia online. Banyak ruang promosi tersebar di dunia online. Sebagai contoh kita bisa mempromosikan bisnis yang baru kita bangun di media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan lain lain. Tawarkan kelebihan produk yang akan anda pasarkan.

No comments:

Post a Comment