SCRIP disini DISINI ADA IKLAN

Tuesday, May 3, 2016

Trik mengatasi kebangkrutan

Pasang surut dalam bisnis merupakan sebuah hal yang lumrah terjadi. Suatu waktu bisnis kita berkembang pesat, tetapi diwaktu yang lain menjadi sepi. Menurunnya tingkat penjualan dalam sebuah bisnis harus di cermati dengan baik, kenali sebab, dan cara mengatasi.

Perkembangan ekonomi sangat berdampak besar pada bisnis yang sedang berkembang. Baik perkembangan kearah peningkatan atau ekonomi yang sedang anjlok.
Penurunan tingkat pendapatan masyarakat mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap bisnis yang kita jalankan. Namun ada senjumlah trik untuk mengatasi merosotnya penjualan pada bisnis yang sedang kita jalankan. So, jangan buru buru tutup usaha kamu saat lagi sepi ;)

Berikut adalah trik untuk mempertahankan bisnis

1. Rencanakan untuk kondisi sepi

Setiap bisnis yang kita jalankan pasti mempunyai saat dimana bisnis kita merosot. Akan ada dimana bisnis kita menjadi sepi, bahkan tidak ada penghasilan sama sekali dari bisnis tersebut. Sementara bisnis terus berjalan, pastinya biaya operasional terus dibutuhkan. Untuk mengatasi kondisi tersebut, kita harus mempersiapkan biaya operasional pada saat bisnis sedang berkembang pesat. Sisihkan penghasilan anda untuk menghadapi kondisi tersebut. Layaknya pepatah sedia payung sebelum hujan. Begitu juga dengan bisnis.

2. Rencanakan bisnis sampingan untuk mendukung bisnis utama anda.

"Jangan menempatkan telur di satu keranjang" pepatah ini juga berlaku dalam menjalankan bisnis. Seorang pelaku usaha tidak harus menjalankan satu bisnis saja. Kita bisa menjalankan beberapa bisnis yang saling mendukung dalam sekali waktu. Sebagai contoh sebuah bisnis distributor bisa juga di padukan dengan jasa pengangkutan. Distributor tentu saja membutuhkan sebuah jasa pengangkutan yang membawa produknya dari pabrik ke gudang perusahaan distribusi tersebut. Selain mengangkut barang dari perusahaan yang kita jalankan, usaha jasa pengangkutan ini juga bisa mengangkut barang dari perusahaan yang lain yang tentunya merupakan sebuah bisnis baru yang layak kita sandingkan dengan bisnis utama.

Saat bisnis utama sedang sepi, bisnis pendukung ini bisa menjadi sumber utama untuk memenuhi biaya operasional.

3. Tingkatkan promosi

Promosi merupakan hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. "Tak kenal maka tak sayang" Pengenalan akan produk menjadikan produk anda lebih di cintai konsumen. Tingkatkan promosi produk anda melalu bebagai media, yang paling mudah adalah melalui dunia online. Anda bisa bekerjasama dengan salah satu penyedia layanan iklan di dunia maya. Promosikan produk/perusahaan anda untuk lebih  menarik banyak konsumen.

Selain itu promosi juga bisa dilakukan pada event event tertentu.
Seperti sebuah pameran, anda bisa ikut dalam pameran tersebut yang merupakan tempat yang terhubung langsung dengan konsumen.

4. Kembangkan kreativitas

Pengembangan merupakan hal yang mutlak yang harus dilakukan dalam dunia bisnis.
Bisnis yang terus mengusung konsep lama kemungkinan besar akan ditinggalkan oleh konsumennya. Hal ini dikarenakan konsumen terus membutuhkan inovasi inovasi atau hal hal yang baru dalam bisnis anda. Kreativitas pelaku bisnis diharapkan bisa menumbuhkan kembali bisnis mereka yang sedang anjlok. Jadi jangan ragu untuk berkreasi, tumpahkanlah semua ide cemerlang anda dalam bisnis yang ingin anda bangun kembali, namun juga tidak melupakan potensi pasar.

No comments:

Post a Comment